Minggu, 09 Oktober 2011

FILSAFAT ILMU ALAMIAH dan KONSEP AKUNTANSI

1.      FILSAFAT ILMU ALAMIAH
  Dampak yang penting dalam metode Ilmiah adalah menentukan filsafat yang berfungsi sabagai dasar acuan ilmiah. Sebenarnya yang merupakan pertanyaan filsafat yang tidak hanya berhubungan dengan bidang I.A. , tetapi menyangkut pikiran manusia seluruhnya. Pada hasil pemikiran yang diambil dari berbagai segi, dan salah satu segi adalah filsafat I.A. seorang Ilmuan juga harus menemukan jawaban-jawaban atas pertanyaan yang berhubungan dengan Alam semesta ini, kegunaan I.A. harus selalu konsisten dengan metode Ilmiah.

  Berbicara tentang filsafat I.A. , hendaknya dapat diverifikasi keseluruhan atau bagian demi bagian melalui analisis eksperimental sehingga memiliki nilai Ilmiah. Filsifat yang tidak dapat diverifikasi tidak akan memiliki nilai Ilmiah. Walaupun filsafa itu memiliki nilai yang baik dalam segi lain dalam pikiran atau pandangan manusia. Imu Ilmiah sebagai kesatuan yang utuh sebagai bentuk bahasa. Secara mendasarkan, I.A. merupakan suatu bahasa, suatu sistem komunikasi. Agama, seni, politik, bahasa Indonesia, bahasa inggris, dan bahasa-bahasa lainnya juga sebagai sistem komunikasi. Dengan I.A., manusia dapat menjelajah wahana-wahana baru dalam alam pikiran dan dapat memahami, seperti memahami, Negara-negara yang ada di muka bumi ini.

 

   I.A. benar-benar merupakan bahasa yang universal, dimengeri oleh semua orang di muka bumi ini. Seni dan agama juga bersifat universal, tetapi memiliki perbedaan, misalnnya agama islam, Kristen, hindu, dan budha yang masing-masing agama memiliki relung-relung yang berbeda karena memiliki keyakinan yang berbeda. Suatu hal yang penting adalah si dunia ini tidak ada satu rumusan ide yang paling benar yang dapat mencakup segala bahasa, perbedaan perumusan selalu ada dan pada satu sisi bermanfaat, lebih memuaskan, atau lebih efektif. Oleh karena itu, siapa yang ahli dalam berbagai bahasa menjelajah ke wahana-wahana yang lebih luas serta mudah merasakan menyatu dengan ide.

Direvisi oleh : Prof. Dr. H. Muslimin Ibrahim. M.Pd.

KONSEP ILMU ALAMIAH AKUNTANSI KOMPUTER

    Dokumen dasar yang berkualitas dapat ditrasformasi menjadi informasi yang tepat. Adanya standardisasi dalam input ini penting untuk memastikan data masuk ke dalam system computer akuntansi secara tepat  dan benar. Perubahan dokumen dasar dampak pada berubahnya keseluruhan system akuntansi dan  pengolahan data.
    Pada dasarnya yang sama digunakan oleh setiap perusahaan dalam mengolah dokumen ini, tapi karna adanya perbedaan dalam skala perusahaan ( besar kecilnya ), jenis usaha, teknologi yang dipakai, ataupun sumber daya yang dipakai, maka system akuntansi perusahaan dapat berbeda satu sama lain. Ini menyebabkan system yang digunakan oleh satu perusahaan bisa  jadi  bisa digunakan perusahaan lain.


Kategori dalam Akuntansi.
    Akuntansi dapat dikategorikan menjadi beberapa golongan menurut jenis kegiatannya, saling berhubungan satu sama lain sebagai berikut:
·         Akuntansi financial ( financial accounting )
·         Akuntansi biaya ( cost accounting )
·         Akuntansi anggaran ( budgetary accounting )
·         Akuntansi pajak ( tax accounting )
·         Pemeriksaan Akuntansi ( auditing )
·         Akuntansi Manajemen
·         Akuntansi strategis ( planning )
·         Akuntansi pemerintahaan dan lembaga
·         System akuntansi
·         System distribusi
·         System inventori
·         Sisten penjualan
·         System akuntansi computer

System Akuntansi Komputer
    System Akuntansi Komputer merupakan system akuntansi yang mengalami transformasi karena adanya penggunaan komputer. System ini memberikan banyak keuntungan dalam menyelesaaikan masalah-masalah dalam akuntansi dengan memenuhi prinsip akuntansi. Walau demikian.sistem akuntansi computer dapat pula menyebabkan masalah baru dalam perusahaan bila perkembangan sistem tidak diikuti dengan training yang memadai bagi sumber daya manusianya. Kendala utama penerapan sistem akuntansi komputer adalah tingkat pengetahuan pemakai status quo untuk mempertahankan kebiasaan yang telah lama dilakukan.

Aplikasi Akuntansi Komputer
   Perkembangan teknologi khususnya dalam informasi dan komunikasi memacu perkembangan dalam dunia akuntansi. Salah satu yang berkembang dan telah umum diimplementasikan didunia adalah aplikasi akuntansi komputer. Walau demikian teknologi ini masih kurang dimanfaatkan didalam negeri. Beberapa jenis akuntansi computer yang telah banyak diseluruh penjuru dunia adalah MYOB, Payroll, DacEasy, Simply Accounting, General Ledger, Acc Pac, Peacthree, dll.



http://oktavita.com/pengertian-komputer-akuntansi.htm
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar