Selasa, 01 April 2014

Rangkuman Akuntansi Keu. Lanjut KONSEP AKUNTANSI GABUNGAN USAHA AKUNTANSI UNTUK INVESTASI DALAM SAHAM


A.    KONSEP GABUNGAN USAHA .

Metode Akuntansi yang digunakan dalam penggabungan usaha ada 2 yaitu :
§  Metode Penyatuan Kepentingan ( Pooling In Interest Method)
Aktiva perusahaan baru dinilai sama dengan nilai buku Perusahaan yang baru, dimiliki bersama oleh para pemegang saham perusahaan lama.
Metode ini digunakan apabila perusahaan menerbitkan saham dengan hak suara (voting stock) sebagai pertukaran minimal sebanyak 90% dari saham dengan hak suara yang diakuisisi.
Beberapa alasan perusahaan menyukai metode kepemilikan adalah:
1.      Terhindar dari peningkatan biaya depresiasi atas aktiva yang direvaluasi.
2.      Terhindar dari beban amortisasi goodwill.
3.      Peningkatan fleksibilitas manajemen terkait dengan dividen.
4.      Manajemen memiliki kesempatan menciptakan laba yang sebelumnya belum dilaporkan
5.      Menyembunyikan nilai kepentingan yang diberikan dalam penggabungan usaha
6.      Melindungi manajemen dari kritik pemegang saham (harga beli aktiva yang lebih tinggi dari nilai wajar aktiva.
§  Metode Pembelian ( Purchase Method )
Apabila penggabungan dianggap sebagai pembelian maka harus ada dasar baru untuk membukukan dan mempertanggungjawabkan aktiva yang diperoleh.
aktiva harus dicatat sebesar harga pokoknya bagi pembeli sehingga jumlahnya tidak perlu sama dengan nilai yang perlu dilaporkan pada buku penjual.
1.      Ketika transaksi pembelian berlangsung ,kita perlu menyesuaikan atau menentukan nilai aktiva dan kewajiban milik perusahaan yang akan digabung sebesar nilai wajarnya pada saat itu.
2.      Nilai agregat yang diberikan kepada aktiva bersih yang diperoleh (termasuk goodwill) akan sama dengan biaya yang terpakai dalam transaksi pembelian tersebut.
3.      Pada penggabungan usaha yang tergolong sebagai pembelian ,alat tukar yang diberikan untuk mengambil alih perusahaan lain bisa berupa uang ,bisa juga berupa aktiva lain atau surat berharga dari pembeli.
4.      Mencatat transaksi penggabungan sebesar nilai investasinya (biaya perolehan). Jika pengakuisisi mengeluarkan saham, maka nilai wajar saham tersebut sebesar harga pasar pada tanggal transaksi penggabungan.
5.      Membuat jurnal pemilikan aktiva dan kewajiban dari perusahaan yang digabung. Apabila terjadi selisih antara nilai investasi dengan aktiva bersih yang diterima perusahaan pengakuisisi, maka selisih tersebut dicatat ke dalam rekening goodwill pada kelompok aktiva.
6.      Jika harga beli lebih rendah dari jumlah aktiva bersih yang dapat diidentifikasi ada beberapa perlakuan akuntansi yang bisa dipertimbangkan untuk digunakan,mungkin kita berpendapat bahwa penghematan tersebut yang diperoleh berkat kemampuan pembeli untuk membeli dengan harga lebih murah harus diakui sebagai laba periode berjalan.

B.     AKUNTANSI UNTUK INVESTASI DALAM SAHAM.
Pada investasi modal dengan Cost Method dan Equity Method :
§  Cost Method merupakan perusahaan investor yang tidak mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi aktivitas dari investi.
§  Equity Method yaitu perusahaan investor dapat menggunakan pengaruh yang signifikan dan dapat mengendalikan terhadap operasi investi melalui kepemilikan saham yang jumlahnya lebih dari 50%.
Cost Method
1.      Investasi dalam saham biasa dicatat sebesar biaya yang dikeluarkan
2.      Deviden dari laba berikutnya di laporkan sebagai pendapatan deviden, kecuali deviden yang di terima melebihi bagian laba investor setelah saham diperoleh, dianggap sebagai pengembalian modal (likuidasi deviden) dan dicatat sebagai pengurang terhadap akun investasi.
Equity Method.
1.      Investasi dicatat sebesar biaya perolehan dan disesuaikan dengan keuntungan, kerugian dan dividen.
2.      Investor akan mencatat laba dari perusahaan investi, apabila perusahaan investi memperoleh laba dan akun investi akan bertambah.

3.      Investor akan mencatat kerugian dari perusahaan investi, apabila perusahaan investi menderita kerugian dan ini akan dicatat sebagai pengurang akun investi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar